DPC Sinjai Gelar Pelatihan Guru TK - TPA


Pelatihan  Guru TK/TPA dilaksanakan pada Sabtu- Ahad, 26-27 Februari 2011 di maskas DPC Wahdah Islamiyah Sinjai Masjid Samiih ( masjid Kodim) dan gedung sekretariat  Lembaga Muslimah.
Pelatihan ini mencakup Pengelolaan TK-TPA sekaligus Dirosa (Dirasah Orang Dewasa) dan dibawakan langsung oleh ketua LP3Q DPP Wahdah Islamiyah bersama 2 orang akhwat pengembang Dirosa (Dirasah Orang Dewasa).
   

Acara yang digelar oleh LP3Q DPC sinjai ini sukses dilaksanakan. Meskipun kegiatan ini adalah even pertama LP3Q Sinjai tetapi antusias peserta sangat tinggi, diikuti oleh 50-an peserta akhwat dan 30-an peserta ikhwan; yang datang dari berbagai tempat yang berjauhan, yang kebanyakan belum merupakan kader Wahdah Islamiyah.

Hari pertama pelatihan, diisi dengan pelatihan TK-TPA dengan materi-materi : Kebijakan umum dan khusus LP3Q DPP Wahdah Islamiyah tentang Pendidikan al-Qur'an , Panduan kurikulum TK-TPA Wahdah Islamiyah , Panduan managemen administrasi TK-TPA dan BBM. Sedang pada hari kedua khusus diisi tentang pengelolaan Dirosa (Dirasah Orang Dewasa) yang meliputi penguasaan buku Dirosa, metodologi pengajaran dan menagemen pengelolaan dirosa serta simulasi/ mikro teaching.

Pelatihan ini begitu istimewa karena juga dihadiri oleh Sekretaris LPPTKA BKPRMI Sinjai dan seorang Pembina TK-TPA Thoriqul Jannah yang merupakan TK-TPA unggulan di kota Sinjai. Walaupun beliau hanya mengikuti 2 materi dirosa yaitu penguasaan buku dirosa dan metologi pengajaran serta managemen nya, tetapi keikutsertaan beliau membawa angin segar bagi pengembangan pendidikan al-Qur'an  di Sinjai . Beliau siap untuk  sharing dengan LP3Q DPC Sinjai. Apalagi setelah mendapatkan hadiah berupa panduan-panduan pendidikan al-Qur'an terbitan LP3Q DPP Wahdah Islamiyah.

Dengan pelatihan ini, diharapkan kepada semua peserta dapat meningkatkan kualitas pengelolaan TK-TPA –nya serta mengembangkan sayap pembinaannya pada segmen remaja dan orang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar